Dewasa ini
istilah strategi banyak dipinjam oleh bidang-bidang ilmu lain,
termasuk bidang ilmu pendidikan, dalam kaitannya dengan belajar mengajar,
pemakain istilah strategi dimaksudkan sebagai daya upaya guru dalam
menciptakan suatu sitem lingkungan yang memungkinkan tejadinya proses
mengajar.
Pengertian Strategi pembelajaran cukup beragam walaupun pada dasarnya sama. Joni (1983) berpendapat bahwa yang dimaksud strategi adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberikan suasana yang konduktif kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Secara spesifik Sherly (1987) merumuskan pengertian strategi sebagai keputusan-keputusan bertindak yang diarahkan dan keseluruhannya diperlukan untuk mencapai tujuan.
Pengertian Strategi pembelajaran cukup beragam walaupun pada dasarnya sama. Joni (1983) berpendapat bahwa yang dimaksud strategi adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberikan suasana yang konduktif kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Secara spesifik Sherly (1987) merumuskan pengertian strategi sebagai keputusan-keputusan bertindak yang diarahkan dan keseluruhannya diperlukan untuk mencapai tujuan.
Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegitan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dick and Carey (1985) menyebutkan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasi belajar pada siswa.
Dari pengertian diatas, ada dua hal yang perlu dicermati.Pertama, setrategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemamnfaatan sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran.Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu, artinya arah tujuan dari penyusunan langkah-langkah strategi adalah pencapaian tujuan. Oleh sebab itu sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah roh dari implementasi strategi.
1. Strategi
adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberikan suasana yang
konduktif kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
2. Jenis-jenis
atau model strategi pembejaran yaitu:metode ceramah, metode Tanya jawab,
metode diskusi, metode pemberian tugas belajar(resitasi), metode
demonstrasi dan eksprimen, metode kerja kelompok, metode sosiodrama
dan bermain peranan, metode karyawissata, metode mengajar beregu dan
metode proyek(unit).
3. Prinsip-prinsip
umum penggunaan strategi pembelajaran sebagi berikut:
a)
Mengajar harus bedsarkan pengalaman yang sudah
dimiliki siswa, apa yang telah
dipelajari merupakan dasar dalam mempelajari bahan yang akan di
ajarkan, hal ini sangat penting agar proses bvelajar mengajar dapat
berlangsung secara efektif dan efisien.
b)
Pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan harus
bersifat praktis, hal ini dapat menarik minat sekaligus memotivasi belajar.
c)
Mengajar harus mempehatikan individual siswa.
d)
Kesiapan (readinees) dalam belajar sangat penting
dijadikan landasan mengajar.
e)
Tujuan pengajaran harus diketahui siswa
f)
Mengajar harus mengikuti prinsip psikologis tentang
belajar.
g)
Dari konsep diatas dapat ditarik suatu kesimpulan
bahwa tujuan dari pembelajaran
berorientasi siswa adalah untuk membantu peserta didik agar bisa belajar
mandiri dan kreatif, sehingga ia dapat memmperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap
yang dapat menunjang terbentuknya kepribadian yang mandiri. Jika dihubungkan dengan
tujuan pendidikan nasional
maka pembelajaran aktivitas siswa adalah pendekatan yang paling sesuai untuk
dikembangkan.
4. Dalam
implementasi pembelajaran berorientasi aktifitas siswa, guru tidak berperan
sebagai satu-satunya sumber belajar yang bertugas menuangkan materi
pelajaran kepada siswa, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana memfasilitasi
siswa agar belajar. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran berorientasi
aktifitas siswa menuntut guru untuk kreatif dan inovatif sehingga
mampu menyesuaikan kegiatan mengajaranya dengan gaya dan karakteristik
belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu dan Tri Prasetya, Joko, 1997, Strategi Belajar Mengajar,
Bandung, CV. Pustaka
Setia.
Hamalik, Oemar, 2010, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem,
Jakarta, PT.Bunmi Aksara
Hamalik, Oemar, 2010, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, PT.Bunmi Aksara
Sagala, Syaiful, 2008, Konsep Dan Makna Pembelajaran, Bandung, CV. Alfabeta
Uno, Hamzah B, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, PT Bumi Aksara
Zaini, Hisam, Munthe, Bernawy, dan Ayu Aryani, Sekar, Strategi Pembelajaran
Aktif,
Yogyakarta, Pustaka Insan Madani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar