PROSEDUR KHUSUS BAGI ANAK PRA-SEKOLAH - Sastra Education

Breaking

Minggu, 27 November 2016

PROSEDUR KHUSUS BAGI ANAK PRA-SEKOLAH




The Reynell Zinkin Developmental Scales for Young Visually Handicapped Children [skala perkembangan bagi anak tunanetra] (Reynell, 1979) dirancang untuk anak usia 0 5 tahun dan mengases enam bidang keberfungsian yang berlainan tetapi tumpang-tindih, yaitu: adaptasi sosial, pemahaman sensorimotorik, eksplorasi lingkungan, respon terhadap bunyi dan pemahaman verbal, vokalisasi dan bahasa ekspresif (struktur), dan bahasa ekspresif (kosakata dan isi). Manual penggunaan prosedur ini menekankan bahwa penguji seyogyanya memahami bahwa dalam menggunakan prosedur ini dia melaksanakan asesmen, bukan memberikan tes (Reynell, 1979). Ini mengandung arti bahwa asesor dapat memberi skor bagi item-item dengan memberikan tugas-tugas tertentu secara langsung, atau dengan mengamati anak dalam lingkungan yang sudah dikenalnya, atau dengan memperoleh informasi dari pengasuhnya, dan bahwa asesor sering perlu menggunakan materi dan peralatan alternatif untuk menentukan apakah suatu keterampilan telah menggeneralisasi pada berbagai macam situasi.
Skala ini memfokuskan perhatiannya pada keterampilan-keterampilan yang penting serta kemajuan perkembangannya, dan oleh karenanya memungkinkan penggunanya membandingkan anak dengan anak-anak sebayanya, termasuk mereka yang berpenglihatan normal, yang low vision, dan yang buta. Skala ini juga memunculkan beberapa permasalahan yang dialami oleh anak-anak tunanetra pada saat mereka berupaya memahami dan mengontrol "dunia" fisik dan sosialnya.
Proyek Oregon bagi Anak Tunanetra Pra-sekolah (Brown et al., 1986) mengkaji banyak kompetensi yang sama, dan dirancang sebagai alat asesmen dan juga sebagai program pengajaran. Proyek ini didasarkan atas proyek Portage; yaitu bahwa rasional dan materinya didasarkan atas praktek para spesialis yang mengunjungi rumah anak-anak itu, di mana mereka bekerjasama dengan orang tua dalam menentukan tujuan dan latihan bagi anak-anak itu. Perangkat yang terdiri dari hampir 700 item ini mencakup bidang-bidang perkembangan seperti kognisi, bahasa, menolong diri sendiri, sosialisasi, dan keterampilan motorik halus maupun kasar. 


Prosedur Reynell Zinkin dan Proyek Oregon tersebut bermanfaat terutama bagi para guru kunjung, guru taman indria, serta para pekerja profesional lainnya yang pekerjaannya dengan anak-anak itu dilaksanakan dalam seting sehari-hari di rumah, di sekolah, atau di taman indria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar