1.
Pengertian Strategi
Definisi strategi adalah cara untuk
mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan
geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk,
penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture
(David, p.15, 2004).
Pengertian strategi adalah Rencana
yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis
perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa
tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh
organisasi (Glueck dan Jauch, p.9, 1989).
Berikut pengertian strategi secara
umum dan secara khusus:
1.
Secara
umum
Strategi adalah proses penentuan
rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang
organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan
tersebut dapat dicapai.
2.
Secara
khusus
Strategi merupakan tindakan yang
bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan
berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di
masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat
terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi
pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core
competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti didalam bisnis yang
dilakukan.
2.
Pengertian Pembelajaran
Belajar adalah proses perubahan
perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di
sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu tujuan, proses berbuat
melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu
yang dipelajari. Sedangkan mengajar sendiri
memiliki pengertian :
ð Upaya guru untuk
“membangkitkan” yang berarti menyebabkan atau mendorong seseorang (siswa)
belajar. (Rochman Nata Wijaya,1992)
ð Menciptakan
lingkungan yang memungkinkan terjdinya proses belajar. (Hasibuan J.J,1992)
ð Suatu usaha
untuk membuat siswa belajar, yaitu usaha untuk terjadinya perubahan tingkah
laku. (Gagne)
Dan Pembelajaran yang
diidentikkan dengan kata “mengajar” berasal dari kata dasar “ajar” yang berarti
petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut) ditambah
dengan awalan “pe” dan akhiran “an menjadi “pembelajaran”, yang berarti proses,
perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan sehingga anak didik mau belajar.
(KBBI)
Pembelajaran adalah proses interaksi
peserta didik dengan pendidik
dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan
bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat serta pembentukan kepercayaanan
dan sikap pada peserta didik.
Dengan kata lain, pembelajaran
adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar
dengan baik. (Wikipedia.com).
Berikut pengertian pembelajaran,
menurut:
§ Menurut
Gagne dan Briggs, pembelajaran adalah suatu system yang bertujuan untuk membantu
proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun
sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar
siswa yang bersifat internal
§ Menurut
Slamet PH (2003) mengatakan bahwa pembelajaran merupakan upaya sistematis dari
lembaga tertentu untuk membawa peserta didik menguasai kompetensi tertentu.
§ Pembelajaran
adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih bahwa pelajaran dan cara
mempelajarinya sesuai dengan mnat dan kemampuan. (Darsono Max, 2000:24)
Maka dapat disimpulkan bahwa;
Pembelajaran adalah usaha sadar dari
guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada
diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan
baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.
B.
Komponen Strategi Pembelajaran
Dalam menerapkan strategi pembelajaran ada beberapa komponen yang
harus diperhatikan agar dalam kegiatan pembelajaran tercapai suatu tujuan yang
telah ditentukan. Menurut Dick and Carey menyebutkan adanya 5 komponen
strategi pembelajaran, yakni:
1. Kegiatan
pembelajaran pendahuluan.
2. Penyampaian
informasi.
3. Partisipasi
siswa
4. Tes, dan
5. Kegiatan
lanjutan
Berbeda dengan yang dikemukakan oleh Gagne and
Briggs, komponen dalam strategi pembelajaran adalah:
1) Memberikan motivasi atau menarik perhatian.
2) Menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
3) Mengingatkan kompetensi prasyarat.
4) Memberi stimulus (masalah, topic, konsep).
5) Memberi petunjuk belajar (cara mempelajari).
6) Menimbulkan penampilkan siswa
7) Memberi umpan bali
1) Memberikan motivasi atau menarik perhatian.
2) Menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
3) Mengingatkan kompetensi prasyarat.
4) Memberi stimulus (masalah, topic, konsep).
5) Memberi petunjuk belajar (cara mempelajari).
6) Menimbulkan penampilkan siswa
7) Memberi umpan bali
8) Menilai penampilan
9) Menyimpulkan.
9) Menyimpulkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar