Indonesia telah
mengenal dan mulai melaksanakan pendidikan sebelum Indonesia merdeka. Dan diyakini oleh para pakar di bidang
pendidikan merupakan paradigma pendidikan yang paling efektif untuk mewujudkan Indonesia is The Best Edacation. Dalam
perjalanannya selama lebih kurang
delapan puluh tahun ini berbagai
kemajuan telah tercapai, namun masih ada permasalahan-permasalahan yang muncul.
Mungkin sebagian kalangan mengaanggap hal yang biasa jika terjadi permasalahan.
Permasalahan yang paling menonjol adalah antara makna pendidikan itu sendiri
dengan pelaksanaannya masih belum sempurna. Artinya beberapa komponen
pendidikan belum sepenuhnya terealisasi. Hal inilah yang membuat terseok-seoknya
perjalanan pembangunan pendidikan di
Indoensia. Pendidikan di Indonesia telah lama dibangun.
Tapi banyak masalah terhadap kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Beberapa ide untuk meluruskan pendidikan tersebut antara lain :
Tapi banyak masalah terhadap kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Beberapa ide untuk meluruskan pendidikan tersebut antara lain :
1.
Para
pelaku yang mengimplementasikan pendidikan perlu pemahaman yang utuh. Pemahaman
yang hanya sepenggal-penggal hanya membuat pelaksanaan pembangunan
pendidikan tambah membingungkan.
2.
Pembangunan
pendidikan memberikan pemahaman bahwa anak-anak diusahakan menempuh pembelajaran dengan pendekatan yang meralisasikan pada
kehidupan.
3.
Rasio
guru dengan peserta didik perlu diselaraskan.
4.
Perlunya
perubahan criteria sekolah unggulan.
5.
Perlunya
Pusat Sumber Layanan bagi anak – anak / siswa serta guru untuk menyelesaikan
permasalahan dalam pembelajaran.
6.
Pemahaman
tentang pembangunan pendidikan sebaiknya
tidak hanya kepada guru-guru yang ada, akan tetapi bagi calon guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar