HAL – HAL POKOK MENUJU PEMERINTAHAN BERSIH DAN RESPONSIF - Sastra Education

Breaking

Rabu, 08 Juni 2016

HAL – HAL POKOK MENUJU PEMERINTAHAN BERSIH DAN RESPONSIF




Dalam perkembangan kemajuan tekonologi bukan barang mewah lagi, jika dalam suatu sistem mengandung moderisasi sistem. Dengan adanya suatu daya dongkrak kuat untuk melakukan perubahan. Gejala – gejala ini pasti akan menimbulkan sikap pro dan kontra dalam kalangan masyarakat sekitar. Seperti kita ketahui suatu moderisasi sistem yang berkalanjutan pada arah perubahan. Akan memberikan dampak kemajuan bagi suatu daerah.
Konteks perubahan yang besar pada suatu daerah bukan dari kekuatan struktur pemerintahan tapi kuat dalam industri dan ekonomi. Daerah akan bertambah maju jika dua kekuatan itu dapat menyatu secara nyata dan berkesinambungan dengan pandangan landasan kebenaran.

Daerah – daerah yang ada di Indonesia merupakan ladang potensi kemajuan dikelola dengan benar dan baik. Indonesia yang terdiri dari perairan dan daratan yang hampir sama. Merupakan tanah penuh dengan kesuburan dan kekayaan. Dengan sistem kebijakan yang moderisasi maka pertumbuhan struktur industri dan ekonomi akan mengalami kemajuan.
Luas daratan Indonesia yang terletak dari Sabang – Merauake merupakan bentuk keindahan suatu bangsa dan negara. Jika kita setiap daerah atau provinsi bahkan kabupaten mempunyai struktur pemerintah yang berbeda. Hal ini mungkin yang akan terlihat dari kemajuan dan perkembangan daerah. Tapi jika kita lihat lebih dalam bukan hanya disitu kemajuan dan perkembangan daerah tapi dengan sistem pendidikan yang terstruktur dalam pandangan landasan hidup.
Sebagian hanya memandang daerah berkembang hanya karena industri dan pendidikan. Kedua memang benar tapi kurang kuat untuk mencapai moderisasi hakiki. Konteks yang sebenarnya adalaha kekuatan budaya lama yang dipegang dalam struktur pemerintah. Jika lihat negara jepang, selain industri dan pendidikan maju, sistem kebudayaan lama mengalami kemajuan dengan masih mempertahankan nilai – nilainya. Bukan hanya itu saja kemajuan budaya yang kuat dalam mempertahankan nilai – nilai budaya negaranya akan mengkokohkan sebuah sistem pemerintah moderisasi hakiki.
Disini saya sebagai seorang pengamat  dan penulis nilai – nilai terstruktur dalam arah perubahan modern akan memberikan suatu wacana mengenai apa yang akan terjadi dalam suatu perubahan modern. Kita perhatikan daerah yang struktur kebudayaan lokal masih dipertahan. Nilainya akan membangun daya ekomomi otonom daerah menuju kemajuan paling stabil dalam upaya menwujudkan negara adil dan sejahtera.
Moderisasi adalah bentuk dalam upaya membangun jiwa bangsa dan karakter nusa yang tenggelam dalam kehidupan maju. Gilasan roda budaya tak terbendung bagai badai yang menghancurkan generasi masa depan. 
Maka diperlukan upaya – upaya pengembangan yang moderisasi perubahan yang hakiki. Maka diperlukan usaha dalam penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan responsif :    
a.       Mempunyai suatu landasan besar dan pengangan kuat dalam sistem kebijakan
Landasan adalah sebuah nama besar dalam menjaga nilai – nilai luhur yang membawa pada arah kebaikan. Orang islam dengan Al Quran, Kristen dengan Injil dan sebagainya. Jika dilihat dari bentuk negara yang NKRI adalah wilayah perjuangan para pahlawan. Para pahlawan yang berjuang dalam mempertahankan wilayah NKRI adalah perjuangan hidup dalam mencari jalan Tuhan. Terlihat bahwa mereka berjuang pada 5 unsur pembangun jiwa  yaitu pada nilai – nilai Pancasila. Hal ini akan mengarahkan pada nilai – nilai yang membawa perubahan hakiki tanpa menghilangkan nilai – nilai budayanya. Dan dapat meewujudkan visi dan misinya jika dilaksanakan sesuai kaidah – kaidah Pancasila. 
b.      Mempunyai nilai – nilai moral yang tinggi dalam jiwa
Nusantara dapat digambarkan  mempunyai nilai kearifan lokal yang tinggi. Itu bagus dalam membentuk nilai – nilai moral jiwa menjadi wibawa kuat dalam pemerintahan. Dalam sebuah tata pemerintahan yang kuat dan bersih yang bernilai responsif. Dapat dikatakan bahwa kekuatan – kekuatan jiwa yang bermoral akan membawa perubahan terhadap suatu nilai – nilai kemajuan modern yang bersifat permanent. Ini dikatakan bahwa moral merupakan wujud dari bentuk jiwa suci yang mempunyai pandangan masa depan gemilang.
c.       Menjaga nilai – nilai budaya daerah menuju budaya nasional
Kekuatan dalam mewujudkan masayarakat Berkeadilan, Sejahtera, Berdaulat Dan Mandiri Yang Dilayani Oleh Pemerintah Yang Bersih Dan Responsif. Itu bukan terletak pada suatu bentuk kekuatan ekonomi yang kokoh. Tetapi ekonomi yang kokoh didukung terhadap nilai – nilai keduadyaan daerah yang dijunjung tinggi hingga terwujud kebudayaan nasional yang membawa perubahan kemajuan. Karena budaya merupakan aspek kuat dalam tatanan pemerintahan. Jika kebudayaan hilang maka kan hilang suatu dasar bentuk nilai – nilai kebaikan modern
d.      Menerapkan sistem pendidikan pola pikir mencipta
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam menuju pemerintah yang sesuai visi dan misinya. Dengan pendidikan orang akan berfikir secara modern dan mampu menerapkan hasil kreasi untuk masyarakat. Semakin tinggi pendidikan seorang maka bentuk pemikiran akan mengarah pada hal yang modern dengan diimbang nilai – nilai budaya. Jika seorang telah mampu sekolah tinggi dan memegang nilai – nilai budayanya maka akan terbentuk suatu manusia moderasasi yang bermoral tinggi. Manusia yang moderisasi bermoral tentu akan berfikir bukan sebagai pemakai melainkan harus menciptakan. Hasil – hasil ciptaan ini akan memberikan suatu tatanan moderisasi pemerinathan baru  
e.       Terstruktur organisasi dalam kebersamaan
Organisasi dalam pemerintahan adalah suatu bentuk mencapai tatanan kebijakan. Dengan terbentuk secara terstruktur tanpa memandang bawahan atau majikan. Struktur ini akan memberikan bentuk – bentuk kerjasama yang stabil dalam mewujudkan Nias maju. Kekuatan organisasi terstruktur bukan terletak pada pemimpin tertinggi tapi semua orang yang terlibat dalam tatanan pemerintahan.
f.       Imajinasi dalam meningkatkan ekonomi daerah
Proses penciptaan kemajuan suatu industri bukan hany timbul berdasarkan fakta. Tapi melalui suatu pola fikir imajinasi. Imajinasi adalah segalanya kata – kata Albert Eisnten. Dengan imajinasi yang tertata dengan kebaikan moral yang tinggi pada nilai – nilai budaya. Ini akan memberikan dampak perubahan besar dalam tatanan pemerintahan moderisasi. Hal ini akan mengacu pada kuatnya sistem ekonomi daerah.

Jika dilihat secara menyeluruh dari apa yang dapat saya berikan. Kekuatan tatatan pemerintahan yang disokong dengan sumber daya manusia akan membentuk tatanan masyarakat sesuai nilai – nilai moral Pancasila dengan menanamkan nilai – nilai budaya menuju moral jiwa untuk pendidikan mencipta. Dengan arahan organisasi terstruktur kuat dalam imajinasi modern.

  DAFTAR PUSTAKA
*      budayaniasku.blogspot.com/p/asal-usul-suku-nias.html diakses tanggal 21Desember 2013 jam 13.00 WITA
*      Justin.Lase.blogspot.com/kearifan-lokal-masyarakat-pulau-nias.html diakses tanggal 21 Desember 2013 jam 13.03 WITA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar