Penerapan IQ, EQ, dan SQ dalam dunia pendidikan - Sastra Education

Breaking

Rabu, 19 Oktober 2016

Penerapan IQ, EQ, dan SQ dalam dunia pendidikan


Dalam perkembangan yang semakin canggih ini pola pikir manusia mengalami perkembangan yang signifikan ada yang dalam ranah kebaikan dan keburukan. Dilihat dari struktur apa yang terjadi banyak adanya anak – anak sekolah tawuran dikalangan remaja. Ini merupakan hal yang sangat meresah masyarakkat. Maka jika tahu itu merupakan apa yang terjadi pada penerapan IQ, EQ, dan SQ.
Dari suatu kajian yang telah saya pelajari dari sebuah buku menunjukkan bahwa ketiga komponen tersebut ada diotak manusia. Dalam penerapan yang terbaik dalam dunia pendidikan harus memperhatiakn beberapa hal diantaranya :
IQ
Merupakan otak manusia dalam berfikir secara luas mengenai apa terjadi dari dalam luar secara intelegensi. Jika dapat diterapkan pada pemikiran – pemikiran besar akan melahirakan suatu ide dan gagasan yang hebat dalam perkembangan manusia.

Contohnya: saat belajar matematika ia akan berfikir cara mengerjakan sesuai apa yang telah ia pelajari.
EQ
Merupakan otak manusia dalam berfikir untuk mengendalikan hasrat dan nafsu. Pengendalian nafsu dan hasrat yang tidak baik akan memberikan pengaruh baik bagi perkembangan emosi. Penerapan yang terbaik bagaimana seorang anak dalam membedakan sikap akhlak terpuji dan akhlak buruk.
Contohnya : saat marah ia dapat mengendalikan diri agar tidak marah.
SQ
Merupakan otak manusia dalam berfikir untuk menuju kesempurnaan hidup. Penerapan biasa dalam sholat, dzikir dan apapun yang berhubungan dengan Tuhan.
Contohnya: bagaimana ia melakukan sholat secara khusyuk untuk menghadap sang Illahi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar