ANUGERAH NUSANTARA - Sastra Education

Breaking

Jumat, 14 Oktober 2016

ANUGERAH NUSANTARA




Anugerah Tuhan untuk Indonesia sebagai Kepulauan Nusantara, Indonesia memiliki keunggulan & nilai plus yang tidak dimiliki bangsa/negara lain.  Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di Dunia. Indonesia di berkahi dengan kekayaan laut sebagai habitat biota yang melimpah, banyak jenis biota laut yang menjadi sumber daya alan kelautan Indonesia, contohnya jenis krustasea : Lobster, kepiting, udang, serta jenis moluska (kerang-kerangan).  Tiram dan kerang yang merupakan habitat dan produsen terbesar di Dunia. Indonesia merupakan produsen produk kelautan non-edible. Mutiara salah satunya, berkat lingkungan laut yang kaya dan alami menyediakan lingkungan terbaik untuk biota kerang mutiara laut. 
Indonesia adalah negara terkaya dengan biota lautnya, potensi dari lingkungan pesisir laut pantai sebagai habitat bagi mereka biota hidup besimbiosis dan bermetamorfosa menjadikan persediaan Indonesia memiliki stok kuantitas terbesar di dunia.
Indonesian South Sea Pearls (ISSP) atau mutiara laut selatan (contohnya mutiara lombok), adalah mutiara yang dihasilkan oleh kerang Pinctada maxima. ISSP muncul dalam warna seperti layaknya warna mantel didalam kerang Pinctada maxima oyster yaitu putih, silver, pink, emas, cream, dan kombinasi dari warna warna dasar tersebut, termasuk warna pelangi yang dihasilkan dari pantulan mutiara itu.
Mutiara laut selatan adalah mutiara yang secara fisik bentuknya paling besar ukurannya, dan merupakan mutiara yang paling langka diantara jenis mutiara budidaya lainnya, sehingga hal inilah yang membuat mutiara lombok adalah mutiara yang paling berharga.
Keindahan ISSP membuat negara lainnya mengakui miliknya. Pemerintah sudah mengklaim hak milik ISSP ke beberapa negara yang mengakuinya. Kesiagaan Pemerintah harus segera dibina. Melalui penyuluhan dan pengembang dengan mendirikan badan penelitian dan pengembangan di daerah sentra mutiara laut selatan (ISSP) akan memberikan dampak tentang kepemilikan ISSP dalam negeri sendiri. Serta pemerintah terus berupaya dalam membangun komoditas ISSP yang berkualitas tinggi dalam perdagangan dunia.
Badan penelitian dan pengembangan ISSP harus turun tangan serta para pembudidaya ISSP sehingga rasa kekeluargaan akan terbentuk dan rasa saling percaya terhadap kekayaan bangsa sendiri. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar