BAB I
Pendahuluan
Pendahuluan
A. Latar
Belakang
Dalam perkembangan dunia pendidikan yang semakain
marak pratek pendidikan anak – anak usia dini. Diharapkan akan mendapat sistem
pendidikan terbaik bagi anak. Tapi jika dilihat secara nyata konteks pendidikan
bukan pada anak mengerti akan dirinya malah menekan anak agar bisa. Padahal
jika ditelusri lebih jauh pendidikan bukan untuk mendidik anak bisa tapi
mengerti akan diri sendiri. Sehingga dapat membentuk kepribadian anak .
Apalagi jika dikaitkan pada anak yang mengalami
kebutuhan khusus respon yang tidak benarpun sering terjadi pada dunia
pendidikan. Anak – anak kebutuhan khusus juga merupakan anak aset negara dalam
membangun tanah air. Jika dilihat perkembangan anak kebutuhan khusus itu akibat
pola manusia yang selalu menahan apa yanag ada pada diri sendiri. Maka
sebenarnay anak kebutuhan khusus merupakan otak daalm berfikir strategis dalam
mengembangkan arah pembangun masyarakat Indonesia.
Salah anak yang sering dijumapai anak Hiperaktif. Anak-anak
yang menerima diagnosa gangguan hiperaktivitas-defisit perhatian (ADHD) diakui
dalam dua dimensi dan kategori pengelompokan gangguan perilaku. Hanya
beberapa gangguan dari remaja yang telah dikelompokkan sebagai
kepentingan umum dan telah begitu dikenal sebagai ADHD. Sebagian besar
masyarakat umum setidaknya memiliki pengetahuan tentang gangguan ini, yang
secara luas disebut sebagai “hiperaktif” atau “gangguan deficit perhatian,”
istilah yang mencerminkan perubahan konsep gangguan. Kontroversi tentang ADHD
telah difokuskan pada kedua sifat dan pengobatan farmakologis yang
diperkenalkan secara luas pada akhir tahun 1960.
Penekanan lebih kepada aktivitas yang atau kegelisahan
motorik pada anak-anak dan istilah hyperkinesis, sindrom hyperkinetic, dan
sindrom anak hiperaktif telah diterapkan. Dan saat ini, hiperaktif berada
ditingkat bawah, dan defisit perhatian berada ditingkat pusat . Pergeseran ini
tercermin dalam DSM-III (1980), yang menyatakan bahwa suatu gangguan deficit
perhatian (ADD) baik dengan aktivitas yang berlebihan atau tanpa aktivitas yang
berlebihan. Dalam DSM-III-R (1987), gangguan itu diberi nama Attention Deficit
Hyperactivity Disorder. Anak-anak yang teridentifikasi gangguan ini berdasarkan
pada 8 dari 14 perilaku, yang dapat berbeda seperti kurangnya perhatian,
hiperaktif, dan impulsif.
Satu tema awal gangguan ini diberikan oleh dokter dari
Inggris, George Still, yang menggambarkan sekelompok anak laki-laki dengan
kekurang sempurnaan “di kontrol moral” sebagai impulsifitas, terlalu aktif,
kurang sadar hukum, dan agresif.
Pada tahun 1917-1918 sebuah gambaran klinis yang
sebanding juga telah dicatat pada anak yang menderita cedera kepala, trauma
lahir, eksposur terhadap infeksi dan racun. Pada tahun 1950-an penekanannya
lebih kepada memberi aktivitas yang berlibih atau kegelisahan motorik pada anak-anak
dan hyperkinesis, sindrom hyperkinetic, dan sindrom anak hiperaktif adalah
berbagai terapannya.
Dan saai ini, hiperaktif merupakan hal yang penting
untuk diturunkan, dan deficit perhatian berada di tingkat pusat. Pergeseran ini
tercermin dalam DSM-III (1980), yang mengakui bahwa gangguan perhatian defisit
(ADD), baik dengan aktivitas aktivitas yang berlebihan atau tanpa aktivitas
yang berlebih. Dalm DSM-III (1987), gangguan ini diberi nama Attention Deficit
Hyperactivity Disorder.
B. TUJUAN
Dalam upaya pengembangan pendidikan yang merata bagi
masyarakat Indonesia. Maka dalam memberikan pendidikan tidak harus pilih kasih.
Pendidikana adalah acuan pembentuk manusia mengenai jati diri sendiri. Untuk
itu tujuan dari indentifisikasi anak berkebutuhan khusus terutama ADHD adalah
sebagai berikut :
Ø Mengetahui
anak yang mengalami ADHD
Ø Pegalihantangan
(referal )
Ø Klarifikasi
Ø Perencanaan
pembelajaran
Ø Pemantauan
kemampuan belajar
C. RUMUSAN
MASALAH
Pokok dalam memberikan apa yang terjadi pada anak
berkebutuhan khusus yang semakin aneh terjadi dalam masyarakat maka dengan cara
mengindetuifikasi anak ADHD pelayanan anak akan semakin baik.
A. Apa arti
Indentifikasi ?
B. Bagaimana
indentifikasi ADHD melalui gejalanya ?
C. Mengapa anak
Mengalami ADHD ?
D. Dimana Gangguan ADHD ?
E. Bagaiamana
cara pengembangan kursus dan prognosis ?
BAB II
Isi
A. Pengertian
Indentifikasi
Identifikasi ABK adalah
usaha seseorang untuk mengetahui apakah seorang anak mengalami
kelainan/penyimpangan (fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan sensoris neurologis) dalam pertumbuhan/
perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya.
Kegiatan
identifikasi sifatnya masih sederhana dan tujuannya lebih ditekankan pada
menemukan (secara kasar) apakah seorang anak tergolong anak dengan kebutuhan
khusus atau bukan. Maka biasanya identifikasi dapat dilakukan oleh orang-orang
yang dekat (sering berhubungan/bergaul) dengan anak, seperti orang tuanya,
pengasuhnya, gurunya, dan pihak-pihak yang terkait dengannya.
Identifikasi
anak berkebutuhan khusus diperlukan agar keberadaan mereka dapat diketahui
sedini mungkin. Selanjutnya , program pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan
mereka dapat diberikan. Pelayanan tersebut dapat berupa penanganan medis,
terapi, dan pelayanan pendidikan dengan tujuan mengembangkan potensi mereka.
B. Indentifikasi
ADHD
ADHD didiagnosis sebagai gangguan perilaku pada masa
kanak-kanak. ADHD mempengaruhi sekitar 3 – 5% anak usia sekolah. ADHD
didiagnosis lebih sering terjadi pada anak laki-laki dari pada anak perempuan. ADHD
dapat terjadi dalam keluarga, tetapi tidak jelas apa penyebabnya. Apapun
penyebabnya mungkin, tampaknya akan diatur dalam gerak awal kehidupan sebagai
otak berkembang. Pencitraan menunjukkan bahwa otak anak-anak dengan ADHD
berbeda dengan anak-anak lain. Depresi, kurang tidur, ketidakmampuan belajar,
gangguan tic, dan masalah perilaku mungkin bingung dengan, atau muncul dengan,
ADHD. Cara Mengidentifikasi ADHD pad setiap anak haruslah hati-hati dan
diperiksa oleh dokter untuk menyingkirkan kemungkinan kondisi atau alasan untuk
perilaku yang lain. Sebagian besar anak dengan ADHD juga memiliki setidaknya
satu masalah perkembangan atau perilaku lainnya. Mereka juga mungkin memiliki
masalah kejiwaan, seperti depresi atau gangguan bipolar
C. Indentifikasi
ADHD melalui gejala - gejalanya
Hasil temuan ini menjadi dasar dari konsep ini, yang
pertama kali disajikan dalam DSM-IV (1994) dan diberi label defisit perhatian /
gangguan hiperaktivitas. Dua faktor dari kurangnya perhatian dan
hiperaktivitas-impulsivitas tersusun dalam tiga subtipe:
- Tipe yang didominasi kurangnya perhatian (ADHD-I).
- Tipe yang didominasi hiperaktifitas-impulsifitas (ADHD-III)
- Tipe gabungan (ADHD-C).
Diagnosis ADHD menuntut adanya beberapa gejala sebelum
usia 7 dan menunjukkan gejala tersebut selama 6 bulan, karena semua kriteria
perilaku diamati pada tingkat tertentu seperti pada anak-anak normal yang
mungkin berbeda dengan tingkat perkembangan, diagnosis hanya diberikan bila
gejala yang diamati bertentangan dengan tingkat perkembangan.
1. Gejala dari
kurangnya perhatian atau deficit perhatian
- kesulitan dalam menunjukkan hal yang detail atau membuat kesalahan di sekolah atau kegiatan lainnya
- Tidak mengikuti petunjuk yang diberikan
- Mengalami kesulitan mengatur tugas dan kegiatan
- Menghindari dan tidak menyukai tugas-tugas yang membutuhkan usaha mental yang berkelanjutan
- Sering kehilangan hal-hal yang diperlukan untuk mengerjakan tugas-tugas atau kegiatan
- Terganggu oleh rangsangan yang asing
- Pelupa dalam kegiatan sehari-hari.
2. Gejala dari
hiperaktif-impulsif
- Hiperaktif
- Gelisah dengan tangan atau kaki menggeliat.
- Berjalan
sekitar atau memanjat yang tidak tepat (pada remaja,
atau orang dewasa, mungkin hanya karena perasaan gelisah) - Mengalami kesulitan bermain dengan tenang atau dalam kegiatan-kegiatan yang tenang
- Saat berjalan seolah-olah seperti digerakkan oleh motor
- Berbicara tanpa henti
- Impulsif
- Menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan selesai dibacakan
- Mengalami kesulitan menunggu giliran
- Mengganggu atau terasa menganggu orang lain
·
Faktor Utama.
Kurangnya Perhatian
Orang dewasa yang melakukan kontak dengan anak-anak
yang menderita ADHD melaporkan berbagai tanda-tanda kekurangan perhatian
yaitu:
- Anak-anak tidak melakukan tugas secara tetap, tapi berpindah dengan cepat dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya,
- Tidak menghadirkan apa yang dikatakan kepada mereka, mudah terganggu, melamun, atau kehilangan sesuatu.
Salah satu aspek yang membingungkan dari laporan orang
dewasa adalah bahwa anak-anak kadang-kadang tidak bisa fokus dan berkonsentrasi
tetapi pada waktu lain dapat duduk berjam-jam menggambar atau bangunan dengan
blok. Perhatian ditunjukkan biasanya ketika anak tertarik atau termotivasi,
tetapi bermasalah ketika tugas itu membosankan, rutin, atau berulang-ulang. Anak-anak
dan remaja dengan ADHD kurang memperhatikan pekerjaan mereka dibanding
anak-anak dengan ketidakmampuan belajar atau kontrol normal (Barkley, 1998).
Perhatian adalah kemampuan kompleks yang telah
dikonseptualisasikan dengan cara yang berbeda dan dihubungkan dengan berbagai
psikopatologi dan struktur otak atau sistem (Anderson et al., 2001). Banyak
kemampuan perhatian yang diakui, seperti kemampuan untuk fokus pada rangsangan
terpilih, mempertahankan fokus, menangani secara simultan dengan lebih dari
satu stimulus, dan bergeser secara efisian dari satu stimulus ke yang lain.
Salah satu daerah yang diperiksa tentang ADHD adalah
perhatian selektif. Hal ini mengacu pada kemampuan untuk fokus pada rangsangan
lingkungan yang relevan dan untuk tidak akan terganggu oleh rangsangan yang
tidak relevan. Kesalahan dapat dibuat dengan tidak bereaksi dengan target
(yang menunjukkan kekurangan perhatian atau kurangnya kewaspadaan) dan bereaksi
terhadap rangsangan nontarget (yang mungkin menunjukkan inhibisi impulsivitas
atau gagal). Anak-anak dengan ADHD sering membuat kesalahan dan lebih lambat
dalam menanggapi dibanding anak normal dan anak dengan diagnosa lainnya
(Epstein et al., 2003; Losier, McGrath, & Klein, 1996; Taylor, 1995).
·
Hiperaktifitas dan impulsifitas
Hiperaktifitas
Anak-anak dengan ADHD digambarkan seakan selalu
berjalan, gelisah, dan tidak mampu duduk diam. Mereka sering mengalami
kecelakaan kecil, seperti menumpahkan minuman dan menjatuhkan benda, dan juga
kecelakaan serius hingga membuat tubuhnya cedera. Remaja dengan aktivitas yang
berlebih memiliki kesulitan dalam mengatur tindakan mereka agar sesuai dengan
permintaan.
Pada satu penelitian, suatu alat digunakan untuk
memonitor aktivitas motorik selama pagi dan sore (Dane Schachar, & Tannock,
2000). Perbedaan di antara anak-anak non-ADHD dan ADHD hanya pada sore hari,
ketika sore anak-anak non-ADHD menjadi kurang aktif dan ADHD anak-anak menjadi
lebih aktif.
Impulsifitas
Esensi impulsivitas adalah kecenderungan pada perilaku
yang tidak biasa, menahan diri, atau mengontrol perilaku, yang muncul sebagai
“bertindak tanpa berfikir”. Anak mungkin mengganggu orang lain, memotong
pembicaraan orang lain, atau melakukan perilaku berbahaya. Kegiatan yang
memerlukan kesabaran menahan diri tidak dilakukan dengan baik. Impulsivitas
sering membuat orang lain untuk menilai anak ceroboh, tidak bertanggung jawab,
kurang dewasa, malas atau kasar (Barkley, 1998).
D. Faktor ADHD
·
Faktor Utama
·
Kurangnya Perhatian
Orang dewasa yang melakukan kontak dengan anak-anak
yang menderita ADHD melaporkan berbagai tanda-tanda kekurangan perhatian
yaitu:
- Anak-anak tidak melakukan tugas secara tetap, tapi berpindah dengan cepat dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya,
- Tidak menghadirkan apa yang dikatakan kepada mereka, mudah terganggu, melamun, atau kehilangan sesuatu.
Salah satu aspek yang membingungkan dari laporan orang
dewasa adalah bahwa anak-anak kadang-kadang tidak bisa fokus dan berkonsentrasi
tetapi pada waktu lain dapat duduk berjam-jam menggambar atau bangunan dengan
blok. Perhatian ditunjukkan biasanya ketika anak tertarik atau termotivasi,
tetapi bermasalah ketika tugas itu membosankan, rutin, atau berulang-ulang. Anak-anak
dan remaja dengan ADHD kurang memperhatikan pekerjaan mereka dibanding
anak-anak dengan ketidakmampuan belajar atau kontrol normal (Barkley, 1998).
Perhatian adalah kemampuan kompleks yang telah
dikonseptualisasikan dengan cara yang berbeda dan dihubungkan dengan berbagai
psikopatologi dan struktur otak atau sistem (Anderson et al., 2001). Banyak
kemampuan perhatian yang diakui, seperti kemampuan untuk fokus pada rangsangan
terpilih, mempertahankan fokus, menangani secara simultan dengan lebih dari satu
stimulus, dan bergeser secara efisian dari satu stimulus ke yang lain.
Salah satu daerah yang diperiksa tentang ADHD adalah
perhatian selektif. Hal ini mengacu pada kemampuan untuk fokus pada rangsangan
lingkungan yang relevan dan untuk tidak akan terganggu oleh rangsangan yang
tidak relevan. Kesalahan dapat dibuat dengan tidak bereaksi dengan target
(yang menunjukkan kekurangan perhatian atau kurangnya kewaspadaan) dan bereaksi
terhadap rangsangan nontarget (yang mungkin menunjukkan inhibisi impulsivitas
atau gagal). Anak-anak dengan ADHD sering membuat kesalahan dan lebih lambat
dalam menanggapi dibanding anak normal dan anak dengan diagnosa lainnya
(Epstein et al., 2003; Losier, McGrath, & Klein, 1996; Taylor, 1995).
·
Hiperaktifitas dan impulsifitas
Hiperaktifitas
Anak-anak dengan ADHD digambarkan seakan selalu
berjalan, gelisah, dan tidak mampu duduk diam. Mereka sering mengalami
kecelakaan kecil, seperti menumpahkan minuman dan menjatuhkan benda, dan juga
kecelakaan serius hingga membuat tubuhnya cedera. Remaja dengan aktivitas yang
berlebih memiliki kesulitan dalam mengatur tindakan mereka agar sesuai dengan
permintaan.
Pada satu penelitian, suatu alat digunakan untuk
memonitor aktivitas motorik selama pagi dan sore (Dane Schachar, & Tannock,
2000). Perbedaan di antara anak-anak non-ADHD dan ADHD hanya pada sore hari,
ketika sore anak-anak non-ADHD menjadi kurang aktif dan ADHD anak-anak menjadi
lebih aktif.
Impulsifitas
Esensi impulsivitas adalah kecenderungan pada perilaku
yang tidak biasa, menahan diri, atau mengontrol perilaku, yang muncul sebagai
“bertindak tanpa berfikir”. Anak mungkin mengganggu orang lain, memotong
pembicaraan orang lain, atau melakukan perilaku berbahaya. Kegiatan yang
memerlukan kesabaran menahan diri tidak dilakukan dengan baik. Impulsivitas
sering membuat orang lain untuk menilai anak ceroboh, tidak bertanggung jawab,
kurang dewasa, malas atau kasar (Barkley, 1998).
·
Faktor Sekunder
·
Masalah Motorik
Berbagai tes menunjukkan kurangnya koordinasi motorik
halus, perkiraan waktu motorik, dan pelaksanaan urutan perilaku motorik
kompleks. Anak-anak dengan ADHD terutama terpengaruh ketika mendapatkan
tugas-tugas kompleks dan melibatkan gerakan berurutan, yang berimplikasi pada
proses kontrol yang tinggi seperti organisasi dan pengaturan perilaku (Kalff et
al., 2003).
·
Kecerdasan, ketidakmampuan belajar, defisit akademik
Anak-anak dengan ADHD menunjukkan kecerdasan sedikit
lebih rendah pada tes kecerdasan dari kelompok kontrol normal, tapi mereka
menampilkan berbagai kecerdasan umum yang di atas rata-rata. Berasosiasi
dengan ketidakmampuan belajar didirikan. Terjadi gangguan dalam membaca,
matematika, dan area akademis lain yang paling tidak dalam beberapa kasus
karena kurangnya kecerdasan.
Kegagalan akademik adalah hal yang mencolok pada
remaja dengan ADHD. Kegagalan ditunjukkan oleh skor tes prestasi, nilai
sekolah, yang diadakan di kelas, dan penempatan di kelas pendidikan khusus.
Anak-anak dengan ADHD menunjukkan pada tugas-tugas
eksperimental dan neuropsikologi. Fungsi eksekutif mengacu pada kebutuhan
proses kognitif untuk keberhasilan perilaku yang diarahkan. Fungsi
eksekutif terlibat dalam perencanaan dan pengorganisasian tindakan dan
pengaturan diri. Di antara proses-proses lain, mereka termasuk memori kerja,
pengaturan diri secara verbal, pemantauan diri, hambatan perilaku, pengaturan
emosi, dan kontrol motor.
E. Gangguan
ADHD
·
Gangguan eksektif secara fungsi
·
Gangguan Fungsi Adaptif
Sehubungan dengan tingkat kecerdasan umum, anak-anak
dengan ADHD telah terbukti memiliki kekurangan, termasuk komunikasi dan
keterampilan sosial. Banyak anak-anak terlibat dalam perilaku yang lebih dewasa
dari apa yang tampak. Kegagalan untuk memperoleh berbagai jenis keterampilan
dapat menggaris bawahi kekurangan adaptif, tapi kegagalan untuk melakukan
keterampilan belajar mungkin akan penting (Barkley .. et al 2002).
·
Perilaku Dan Hubungan Sosial
Perilaku mereka sering mengganggu, keras, tidak patuh
dan tidak menyenangkan. Dalam beberapa kasus, tindakan menjengkelkan mungkin
tampak tidak sengaja atau bahkan mencerminkan keinginan untuk membantu.
Meskipun demikian, beberapa anak sangat agresif.
Berbagai penjelasan telah ditawarkan untuk
perilaku-perilaku sosial. Mereka kadang-kadang mungkin memiliki tujuan sosial
yang dapat diharapkan untuk menciptakan masalah. Anak-anak dengan ADHD-C
memiliki bias positif tentang kompetensi sosial, perilaku perilaku, dan
kompetensi akademik (Gerdes, Hoza, & Pelham, 2003; Hoza et al., 2004).
Anak-anak dengan ADHD mengalami kesulitan membuat dan
menjaga teman-teman, mereka sering tidak disukai dan ditolak oleh rekan-rekan.
Sedangkan reaksi-reaksi negatif berlaku lebih kuat untuk anak-anak yang
impulsif dan hiperaktif, mereka yang masalah perhatian hanya cenderung
diabaikan (Hinshaw, 1998). Reaksi Guru untuk ADHD juga bermasalah. Sebagai
contoh, dalam sebuah studi, guru anak-anak muda yang terkait semua jenis ADHD
dengan kerjasama kurang dan perilaku positif lainnya, dan
hiperaktivitas-impulsivitas dengan perilaku mengganggu dan kurang mengendalikan
diri (Lahey et al., 1998).
·
Tidur Dan Risiko Kecelakaan
Masalah tidur pada anak dengan ADHD lebih tinggi dari
pada anak-anak nonclinic tetapi tidak lebih tinggi daripada di beberapa
populasi klinik (Corkum et al., 1999). Masalah termasuk jatuh tertidur,
kesulitan bangun, dan gerakan spontan selama tidur (misalnya, gigi grinding).
Anak-anak dengan ADHD mengalami cedera karena disengaja.
Secara umum, kekurangan perhatian dan
hiperaktivitas-impulsivitas dapat memainkan peran langsung atau tidak langsung
dalam menempatkan pemuda pada risiko cedera dan kecelakaan.
·
Subtipe DSM
Kelompok gejala cenderung menurut tipe, dan
karakteristik lain yang juga membedakan tiga subtipe. Meskipun demikian,
subtipe belum sama dipelajari dan pertanyaan penting adalah mengangkat tentang
mereka. Ketertarikan tipe kurangnya perhatian (ADHD-I) telah ada selama
bertahun-tahun. DSM pernah mengakui kategori attention defisit tanpa
hiperaktivitas. Sebaliknya, penelitian pada ADHD-HI relatif sedikit. Ini adalah
subtipe kombinasi (ADHD-C) yang paling sering dijelaskan secara klinis dan
diselidiki. Deskripsi kasus berikut diilustrasikan ADHD-C, dipamerkan pada anak
hampir 7 tahun. Adanya kekurangan perhatian, hiperaktif, dan impulsif yang
jelas.
·
ADHD dan Co-Terjadi Gangguan
Kenyataan tentang ADHD, terutama ADHD-C adalah derajat
untuk yang berdampingan dengan penyakit lain. Seperti biasanya terjadi, tingkat
co-kejadian sangat bervariasi tergantung pada sampel, ukuran, kelainan
spesifik, dan sejenisnya.
·
Gangguan Belajar
ADHD, dan terutama kekurangan perhatian, kemudian
negatif mempengaruhi kemampuan membaca (McGee et al., 2002). Masalah membaca
dini dapat menyebabkan kesulitan memperhatikan.
ADHD menyebabkan defisit kognitif (kekurangan
perhatian dan masalah memori) dan dari situ untuk pencapaian prestasi kurang.
Di sisi lain, ADHD dan masalah yang terkait melakukan menyebabkan kinerja kelas
menurun dan menurunnya pencapaian prestasi. Dengan demikian, baik defisit
kognitif dan kesalahan perilaku muncul untuk memediasi hubungan antara ADHD dan
prestasi akademik.
1) Gangguan Eksternal
Anak-anak dengan ADHD sering dilaporkan sebagai tidak
patuh, oposisi, mengganggu, dan argumentatif-perilaku yang masuk dalam kategori
DSM dari gangguan oposisi pemberontak (ODD). Mengingat diagnosis baik jenis CD,
anak-anak lebih dari sepuluh kali lebih mungkin diagnosis kedua daripada jika
mereka tidak memiliki diagnosis (Barkley, 2003).
Kesamaan ADHD, ODD, dan CD berada di tengah
dipertimbangkan bersama dalam DSM sebagai Defisit dan gangguan perilaku. ADHD
umumnya lebih kuat terkait dengan gangguan kognitif dan abnormalitas
neurodevelopmental. Masalah perilaku lebih terkait dengan faktor keluarga yang
merugikan dan kerugian psvchosocial (Waschbusch, 2002).
Beberapa perbedaan antara ADHD dan komorbid ADHD
menyebabkan saran bahwa kondisi mungkin komorbid subkategori valid ADHD
(Jensen, et al., 1997). Pada saat yang sama, efek dari himpunan ganda masalah
muncul hanya untuk menambah-daripada untuk bertindak lebih kompleks-menemukan
cara-cara yang berpendapat untuk tampilan sederhana dari co-occurence
(Waschbusch. 2002). Yang jelas adalah bahwa mengetahui apakah seorang anak
dengan ADHD juga memiliki masalah melakukan memberitahu kita banyak tentang
anak.
Beberapa perbedaan antara ADHD dan komorbid ADHD
menyebabkan saran bahwa kondisi komorbid mungkin subkategori yang valid dari
ADHD (Jensen, et al., 1997).
2) Gangguan
Internal
Diperkirakan bahwa mungkin 25-30 persen dari pemuda
dengan ADHD, baik di klinik atau di sampel masyarakat, memiliki gangguan
kecemasan (Barkley, 2003; Jensen et al., 1997; Manassis, Tannock, &
Barbosa, 2000). Anak-anak ini dilaporkan kurang hiperaktif dan impulsif
daripada biasanya ditemukan di ADHD, dan mereka dapat menampilkan masalah lebih
sedikit.
Tumpang tindih antara ADHD dan gangguan bipolar bisa
berkisar dari 10 sampai 20 persen (Barkley. 2003). Dilaporkan. diagnosis
gangguan bipolar anak secara substansial meningkatkan risiko bagi ADHD bukan
sebaliknya. Selain itu, di hadapan kedua kondisi gangguan bipolar memiliki
onset lebih awal daripada saat muncul sendirian.
·
Epidemiologi
Beberapa studi menunjukkan bahwa ADHD-I adalah yang
paling tidak lazim (Gomez et al., 1999; Nolar, Gadow, & Sprafkin, 2001).
Dalam studi klinik. ADHD-C adalah yang paling umum, menyarankan bahwa pemuda
dengan kombinasi gejala dipandang memiliki penurunan lebih besar atau perilaku
mengganggu. ADHD-Hl, yang tampaknya relatif jarang, dapat muncul lebih awal
dari ADHD-C dan setidaknya dalam beberapa kasus berkembang menjadi ADHD
·
Gender
Rasio jenis kelamin lebih tinggi pada sampel klinik
dari pada sampel masyarakat, yang melaporkan rata-rata rasio yang terkena ADHD
sekitar tiga anak laki-laki untuk seorang gadis (Barkley, 2003). Perbedaan
jenis kelamin mungkin akan berpengaruh pada kriteria diagnostik yang bias
terhadap manifestasi dari gangguan pada pria. Mungkin relevan juga, adalah
menemukan bahwa ketika anak laki-laki, tetapi tidak gadis, menunjukkan oposisi
perilaku menantang para guru dapat diidentifikasi sebagai gejala ADHD yang
ditunjukkan anak laki-laki (Jackson & King, 2004). Perbedaan gender
dalam prevalensi mungkin membantu menghasilkan pengabaian gadis dengan ADHD.
·
Kelas Sosial Dan Budaya
Gejala-gejala ADHD yang diamati di banyak negara, yang
melaporkan rasio jenis kelamin yang sama dan asosiasi ADHD berkaitan dengan
belajar dan masalah perilaku (Whalen & lanjutnya, 1998). Harapan dan
nilai-nilai budaya mempengaruhi penafsiran perilaku anak laki-laki.
F. Pengembangan Kursus dan Prognosis
·
Masa bayi dan tahun-tahun prasekolah
Beberapa kasus ADHD dimulai pada bayi, tetapi
kemungkinan ini tidak mudah. Perilaku dari gejala ADHD umumnya dilaporkan dalam
prasekolah tetapi sering berkurang dengan waktu (Campbell, 1990; 1995). Untuk
beberapa anak-anak gejalanya menetap dan dapat memenuhi kriteria untuk
diagnosis. Anak-anak muda dapat memperlihatkan keterampilan sosial dan
keterampilan praakademik defisit, dan orang tua mereka melaporkan khususnya
tingkat stres yang tinggi (DuPaul et al., 2001).
·
Masa Kanak-Kanak
Munculnya sekolah cenderung untuk meningkatkan
tuntutan untuk memperhatikan, mematuhi peraturan, bergaul dengan orang lain,
dan sebaliknya (Campbell, 2000). Kebanyakan kasus ADHD yang didiagnosis selama
tahun-tahun sekolah dasar, ADHD-I diidentifikasi agak lambat dibandingkan
dengan subtipe lainnya. Pengaturan diri yang bermasalah, hubungan sosial yang kurang
memuaskan, penolakan teman dan prestasi akademik menurun, masalah perilaku dan
gejala internalisasi yang terlihat jelas pada beberapa anak.
·
Remaja dan dewasa
Dalam masa remaja, gejala inti ADHD terut ma perilaku
hiperaktif-impulsif – dapat menurunkan dalam sejumlah besar kasus, dan
diagnosis ADHD mungkin tidak lagi berlaku. Namun, gangguan yang sering terjadi,
dengan perkiraan luas mulai dari mungkin 40-80 persen dari pemuda yang terkena
dampak (Barkley, 2003; Hansen, Weiss, & Terakhir, 1999; Willoughby, 2003).
Studi yang diikuti kasus ADHD anak menjadi dewasa muda
menunjukkan bahwa persentase bervariasi besar tapi masih menampilkan beberapa
inti defisit dan atau hubungan sosial terganggu, depresi, selfconcept rendah,
perilaku antisosial, penggunaan narkoba, dan pendidikan dan merugikan kerja
(Barkley et al. 2004 ; Mannuzza et al., 1993; 1998; Weiss & Hechtman,
1986).
·
Variasi Dan Prediksi Hasil
Dalam meneliti perkembangan data untuk ADHD, penting
untuk mempertimbangkan gambaran secara keseluruhan
- Persentase besar anak-anak terus mengalami kesulitan selama studi, yang mungkin mencerminkan perbedaan sampel benar atau faktor metodologis.
- Gejala inti ADHD, terutama hiperaktif-impulsif, muncul untuk mengurangi dengan perkembangan.
- Banyak masalah yang terkait dapat eksis dalam tahun kemudian, meskipun tren ini untuk kesulitan untuk melemahkan sepanjang waktu.
- ADHD komorbid dengan gangguan perilaku ini terutama terkait dengan hasil yang lebih buruk dalam inti dan masalah sekunder.
- Heterogenitas ada dalam Perkembangan dan hasil program, beberapa anak yang mengatasi masalah sebelumnya dan disesuaikan cukup dewasa, sementara yang lain menunjukkan berbagai jenis dan derajat masalah.
Dalam kasus yang terakhir ini, tampak bahwa gejala
awal ADHD dikombinasikan dengan interaksi anak-orangtua yang merugikan dan /
atau kemalangan keluarga lainnya menempatkan anak pada jalan dini untuk
perilaku oposisi dan melakukan gangguan berikutnya-yang mengarah ke perilaku
antisosial persisten (Loeber et al. , 1995; Patterson, DeGarmo, & Knutson
2000).. Genetik atau pengaruh biologis lain juga mungkin memainkan peran di
sini (Silberg et al., 1996). Secara keseluruhan itu, hasil dari masa
kanak-kanak ADHD tampak bervariasi dengan sejumlah faktor risiko dan protektif
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan
Secara menyeluruh apa yang harus diindetifikasi dalam
kasus ADHD harus secara rinci hal ini terkait pada olah yang dilakukan para
Ahli yang mengungkapkan bahwa asil temuan ini menjadi dasar dari konsep ini,
yang pertama kali disajikan dalam DSM-IV (1994) dan diberi label defisit
perhatian / gangguan hiperaktivitas. Dua faktor dari kurangnya perhatian dan
hiperaktivitas-impulsivitas tersusun dalam tiga subtipe:
- Tipe yang didominasi hiperaktifitas-impulsifitas (ADHD-III)
- Tipe yang didominasi kurangnya perhatian (ADHD-I).
- Tipe gabungan (ADHD-C).
B. Saran
Jika
diperlukan seharus pemikiran modern yang dipakai pada pembelajaran harus
mengandung beberapa kajian seperti penerapan pola pikir yang mengandung makna
khayalan, atau pemikiran secara imajinatif karena dengan berfikir secara
kasatmata perkembangan dalam memberikan daya sikap dan karakter akan terbentuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar