Hasil Produk Gas Alam - Sastra Education

Breaking

Minggu, 26 November 2017

Hasil Produk Gas Alam



Kamu orang Indonesia! Kamu tinggal di bumi Pertiwi!  Jika benar perhatikan alam Indonesia. Luas dan penuh pesona. Lagu Koes Plus menyebutnya tanah surga. Tanah yang memiliki kelimpahan sumber alam dan keindahan. Ingat Mas Brooo..! Indonesia memiliki sejumlah sumber energi fosil. Selain minyak bumi mas Broo! gas bumi juga menjadi andalan mas Broo!. Zaman semakin menelan mas Broo, minyak Bumi Indonesia hampir tenggalam, tetapi mas Brooo produksi gas bumi terus meningkat. Selain itu tingkat konsumsi masyarakat pada gas bumi terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ada beberapa bentuk konsumsi energi gas bumi oleh masyarakat. Selain sebagai bahan bakar rumah tangga, gas bumi hadir dalam bentuk lain yakni gas bumi yang dicairkan (LNG). Dengan cara ini, maka gas bumi dapat dengan mudah dipindahkan dan dimanfaatkan oleh pengguna akhir. Tapi, ada yang membedakan secara prinsip dengan minyak bumi. Gas bumi sulit disimpan sehingga sebelum berproduksi harus dipastikan terlebih dulu siapa pembelinya. Ketika pembelinya sudah jelas, proses produksi segera dimulai karena pasar yang dibidik pun sudah kentara.
Bagaimana Mas Broo? Ingat! Gas bumi merupakan sumber daya alam  dengan  cadangan  terbesar  ketiga  di dunia setelah batu bara dan minyak bumi. Gas  alam  pada  awalnya  tidak  dikonsumsi sebagai  sumber  energi  karena  kesulitan dalam  hal  transportas  sehingga  selalu dibakar  ketika  diproduksi  bersamaan dengan minyak bumi.
Masyarakat sebagai konsumen akhir juga dapat memperoleh manfaat dari semakin tingginya penyerapan gas alam sebagai energi alternatif. Kendaraan bermotor hingga bis umum bisa memanfaatkan converter kit yang mampu menggerakkan mesin menggunakan bahan bakar gas. Juga para nelayan yang dapat beralih dari solar sebagai bahan bakar ke gas bumi. Singkatnya, akan banyak serapan energi yang dapat dirasakan masyarakat ketika gas bumi semakin ‘dekat’ dengan masyarakat. Ini artinya ketahanan energi dapat diperkuat karena bauran energi fosil dapat bervariasi dan tidak bergantung pada satu sumber saja.
Kekayaan alam indonesia tidak hanya minyak bumi saja. Selain eksplorasi dan eksploitasi minyak yang telah dilakukan sejak puluhan tahun lalu, gas bumi menjadi salah satu andalan pemerintah Indonesia dalam penyediaan energi. Gas bumi menjadi energi alternatif yang memiliki kecenderungan kenaikkan pemakaian hampir dua digit dalam beberapa tahun terakhir.
Indonesia sebagai negara yang terus berkembang memiliki kebutuhan energi yang juga terus meningkat. Kebutuhan energi tersebut harus terpenuhi dengan cara yang menjamin ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi. Sehingga strategi energi nasional berupa bauran energi menjadi pendekatan yang tepat.
Pemanfaatan gas bumi oleh masyarakat harus melewati proses yang lebih rumit. Mulai dari eksplorasi, produksi, pengolahan, hingga distribusi membutuhkan perlakuan dan investasi tersendiri. Jadi, gas alam yang diperoleh dari satu lapangan gas harus melalui proses tertentu saat diangkut atau didistribusikan ke masyarakat.  Gas  alam  juga memiliki harga yang stabil karena jauh dari muatan politis, tidak seperti minyak bumi. Produk  dari  gas  alam  yang digunakan  adalah  LPG  (Liquid  PetroleumGas),  CNG  (Compressed  Natural  Gas), LNG  (  Liquid  Natural  Gas)  dan  Coal  Bed Methane  (CBM)  yang  merupakan  sumber non  konvensional  yang  sedang dikembangkan di Indonesia.
Jadi Mas brooo harus bahwa gas alam/gas bumi bukan LPG karena LPG merupakan hasi produk dari gas alam.
Menurut mas bro manakah hasil poduk dari gas alam yang relative murah! Kalau saya adalah CNG karena Compressed Natural Gas merupakan gas  alam  yang  dikompresi tanpa melalui proses  penyulingan  dan disimpan dalam tabung logam. CNG relatif lebih murah karena tanpa melalui proses penyulingan dan lebih ramah lingkungan.
LPG dan LNG merupakan gas alam hasil  penyulingan  dan  pemisahan  dari minyak  bumi.  Gas  butana  dan  propana akan  menjadi  LPG  dan  methana  akan menjadi  LNG. LPG dikenal sebagai bahan bakar untuk keperluan memasak.
Kayakan mas broo Indonesia, minyak bumi ada, batu bara ada, gas alam ada, banyak gas alam kenapa bingung cari solusikan lebih baik sumber alam yang ada terlebih dahulu. Jangan merusak alam Indonesia dengan tenaga nuklir atau tenaga yang lain. Alam telah menyediakan gas alam maka sudah sepatutnya rakyat Indonesia memanfaat potensi alamnya, tetapi jangan sampai merusak alam. Ingat merusak alam dosa alam, jika alam dirusak bagaimana kita dicintai oleh Pencipta-Nya.
Membumikan Gas Bumi sama hal kita memanfaat potensi alam kita mas broo. Pemanfaatan yang penuh kesopanan dan keteraturan akan membangun pontesi gas alam Indonesia tidak menimbulkan keburukan pada generasi masa depan.
Ingat mas Broo! Selain  minyak  bumi  Indonesia memiliki  cadangan  gas  alam  yang  cukup besar,  yaitu  sebesar  170  TSCF  dan produksi  per  tahun mencapai  2,87  TSCF, dengan  komposisi  tersebut  Indonesia memiliki  reserve  to  production(R/P) mencapai  59  tahun.  Gas  alam  juga memiliki harga yang stabil karena jauh dari muatan politis, tidak seperti minyak bumi. Jadi Mas Broo Gas Alam Indonesia melimpah ruah seperti kuah masakan yang siap disantap penuh kenikmatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar