Jokowi Pemimpin Pancasila - Sastra Education

Breaking

Minggu, 10 Februari 2019

Jokowi Pemimpin Pancasila



Jokowi bukan orang kaya atau elit negara yang bergelimang harta. Beliau hanya rakyat biasa yang sanggup memenangkan hati rakyatnya. Dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat mungkin pantas disematkan untuk Jokowi.  Jokowi bukan orang luar negara atau mancanegara, beliau asli Indonesia, asli Jawa, dari desa bukan dari kota yang memiliki pesona glamor dan menghina.
Rakyat menjadi jalinan cintanya. Rakyat lebih dipentingkannya. Jokowi memang luar biasa. bukan darah raja tetapi memiliki Kharisma memimpin Indonesia. Indonesia punya Pancasila. Islam punya Al Quran yang mempesona. Jokowi miliki rakyat Indonesia.
Jokowi memimpin Indonesia bukan dengan tangan dingin dan berbahaya. Sabar dan bijaksana menjadi wataknya. Saya salut akan pemikirannya. Jokowi selalu dihina, dicela bahkan dikatai orang PKI. Tetapi beliau tetap sabar dan penuh wibawa.
Jokowi kian mempesona, orang pertama Indonesia yang memiliki darah pemimpin nusantara. Memimpin Indonesia yang merakyat dan tahu tata krama. Pancasila merupakan inti dari karakter bangsa Indonesia. Jokowi pemimpin Pancasila Indonesia. Pancasila merupakan norma dasar dan dasar negara ndonesia. Pancasila merupakan sebuah konsepsi dan cita-cita bangsa Indonesia. Jokowi memberi contoh bahwa Pancasila bukan sekedar wacana. Indonesi butuh Jokowi, wajib menang di pemilu kedua. Berbagai prestasi telah disabet dirinya. Mulai dari Infrakstruktur hingga ekonomi bangsa telah dibangun dengan jiwa Pancasilanya.  Kepemimpinan Pak Jokowi untuk memakmurkan rakyat dan kemajuan NKRI.

Jokowi merakyat pada warganya. Pancasila menjadi jiwa Jokowi. Jokowi memiliki berbagai level dan bidang mengacu kepada sila-sila Pancasila. Jokowi berjiwa Pancasila selalu berupaya menerapkan fungsi kepemimpinannya dengan  berlandaskan  pada  nilai -nilai  Pancasila. Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan oleh Pak Jokowi, pada nantinya akan diinternalisasi kepada segenap bawahannya. Nilai-nilai Pancasila menjadi parameter dalam berperilaku setiap warga negara.
Indonesia sebagai negara berdasarkan Pancasila, sudah seharusnyalah kriteria tersebut  merupakan penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam bentuk karakter seseorang. Jokowi pemimpin yang ideal untuk Indonesia karena memiliki jiwa Pancasila nusantara:
1)      Takwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa; 
2)      Menjunjung  tinggi  nilai-nilai  kemanusiaan  yang  adil  dan  beradab; 
3)      Memiliki rasa persatuan Indonesia yang tinggi tanpa membedakan seseorang berdasarkan kepentingan  tertentu; 
4)      Mampu mengembangkan semangat musyawarah/mufakat secara baik demi kepentingan  bangsa  dan  negara;  dan 
5)      Mampu mengembangkan pembangunan nasional untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Jokowi tahu bahwa nilai-nilai Pancasila sesungguhnya harus menjadi  landasan  kehidupan  berbangsa dan bernegara, agar bisa menjadi instrumen menangkal krisis yang bersifat multidimensional. Mengembalikan Pancasila sebagai landasan hidup harus dimulai dari kepemimpinan beliau yang bisa memberi dan menjadi contoh untuk membuktikan bahwa nilai-nilai Pancasila masih sangat relevan, yaitu kepemimpinan yang betul-betul dipercaya oleh masyarakat Indonesia
Jokowi adalah sosok pemimpin yang bersih, transparan, dan profesional yang bisa dipercaya masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara, dibutuhkan kepemimpinan yang bersih, transparan, dan profesional. Pancasila seringkali dianggap sekedar wacana, nilai-nilanya tidak termanifestasikan secara nyata dalam kehidupan, dan tidak bisa jadi solusi bangsa.
Jokowi wajib menang lagi karena sifat kepemimpinannya mengacu pada nilai-nilai karakter yang terkandung dalam lima sila Pancasila tersebut. Sifat, perilaku, dan tindakan Jokowi mencerminkan lima sila Pancasila. Jokowi sebelum berbicara, bertindak, menyampaikan perintah, memberi saran, dan sampai membuat kebijakan sekolah harus dipikir terlebih dahulu apakah telah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila. Penyelenggaraan pemerintah Jokowi mengacu pada prinsip-prinsip keteladanan, moral, dan etika sesuai falsafah hidup bangsa berdasarkan Pancasila.
Kepemimpinan Jokowi mampu menggali nilai-nilai budaya luhur terutama nilai-nilai filsafat, baik itu filsafat hidup maupun filsafat keagamaan. Kepemimpinan Jokowi berlandaskan pada Pancasila berupaya mewujudkan dan menginternalisasikan sila-sila Pancasila yang dijabarkan ke dalam butir-butir Pancasila.
Jika mengacu pada sila-sila Pancasila, maka Jokowi adalah piihan terbaiknya, Kepemimpinan Jokowi berlandaskan Pancasila menerapkan sila-sila Pancasila. Jokowi membawa masyarakat dalam kesadaran bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan  Pancasila  dan  Undang-undang  Dasar  1945. Jokowi berpedoman pada nilai-nilai Pancasila dan merupakan kriteria sosok pemimpin bangsa Indonesia
Jokowi sosok pemimpin yang mampu mengembangkan dan mencapai tujuannya secara  berkelanjutan.  Jokowi sosok pemimpin nasional adalah sosok pemimpin yang tepat sesuai harapan masyarakat luas di dalam mencapai cita-cita masyarakat adil dan makmur.
Jokowi pemimpin menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, cinta tanah air dan bangsa, bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia, memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.
#01IndonesiaMaju
#JokowiLagi
Silakan follow @hermawanpermadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar